S Master Holic Manga Review



  • General Information

Pengarang            : Ai Hibiki

Penerbit                : PT. Tiga Lancar Semesta (indonesia)
                                 Shogakukan (Jepang)

Tahun Terbit        :2014 (Indonesia)
                                 2013 (Jepang)

Rating                    :Dewasa

  • Story
     Masuzawa Kanna adalah putri dari pemilik perusahaan perhiasan terkenal dengan brand Masuzawa dengan prestise yang sangat tinggi. Suatu ketika, perusahaan ayahnya bangkrut dan ia pun harus membayar semua hutang-hutang ayahnya. Sungguh hal yang tak pernah dia pikirkan sebelumnya!! tapi pada waktu yang bersamaan, pelayannya yang bernama Kou ternyata diam-diam adalah anak dari pemimpin perusahaan Niimi group!! dan sekarang, posisi mereka benar-benar telah tertukar. Lalu, bagamimana dengan Kanna yang sekaran gmenjadi pelayan Kou...?
  • Opinion
     Seperti manga Shoujo lainnya. Manga yang satu ini memiliki cerita yang relatif singkat, hanya berisi 3 chapter dan satu chapter tambahan yang hanya berupa manga 4-koma. Hal yang saya sangat sukai tentunya di sini heroine utamanya Masuzawa Kanna. Ia memiliki sikap suka seenaknya karena orangtuanya kaya raya. Namun setelah ia jatuh miskin perlahan-lahan dirinya mulai berubah dan akhirnya ia bisa jujur dengan perasaannya sendiri setelah menjadi pelayan dari Niimi Kotaro (Kou). Seragam sekolah yang ia gunakan juga cocok sekali dengan kecantikanya, saya tidak bosan melihatnya. Kou bisa dibilang cowok yang cool saat di muka umum, sayangnya ia tidak bisa bersikap baik kepada cewek yang ia suka, bisakah kita menyebut dirinya cowok Tsundere? setidaknya di akhir cerita mereka berdua berakhir bahagia (happy end pokoknya). Tentunya kekurangan di manga ini adalah terlalu fokus kepada kedua tokoh utama Kou dan Kanna sehhingga karakter dari tokoh lain seperti adik dan orang tua Kanna tidak digali dengan baik. Ada juga tokoh yang tidak muncul banyak namun memiliki pengaruh besar terhadap konflik yang terjadi di antara kedua tokoh utama. Konflik yang terdapat di manga ini juga di bawakan dengan sediki sensasi humor sehingga kita tidak akan terlalu tegang membacanya. Namun tentunya di saat adegan serius gambarnya menjadi lebih fokus dan tajam, para pembaca merasakan ketegangan seakan-akan merekalah yang menjadi tokoh di dalam komik tersebut. Bagi kalian yang ingin mencari certia mengenai putri orang kaya yang cantik manga ini sangat cocok untuk anda (serius, dari cover saja kelihatan Kanna itu cantik). Karena saya cowok jadinya saya memilih komik Shoujo kalau kover heroine wanitanya bagus (if you know waht i mean) serta tentunya harus dengan cerita yang baik. Hal yang membuat saya gusar di sini adalah adanya tulisan yang artinya kagak nyambung karena ada kata ganti orang yang salah (kata "aku" ganda, dll). Mungkin ada masalah di dalam percetakan atau mungkin tim translatenya yang salah. Semoga hanya beberapa cetakan saja yang begitu dan tidak semuanya salah cetak, karena sangat melelahkan harus baca beberapa kali karena ada kata yang tidak jelas.

     Sekian review dari saya. Semoga bagi kalian yang membaca review ini tertarik untuk membacanya. Ngak rugi lah ngabisin duit Rp. 20.000 untuk membeli manga seperti ini. Kelebihan dari manga ini adalah bisa di baca berulang-ulang sampai hafal semua adegannya  baru bosan bacanya. Karena artnya bagus jadi saat melihat Kanna nya tuh bisa sampai bermenit-menit ngeliatinya, catik banget. Tapi tentunya cerita dari komik ini sendiri tidak kalah bagusnya, cerita yang buruk akan menghancurkan suatu manga walaupun artnya bagus.
  • Rating A
     Kelebihan dari manga ini adalah jalan cerita yang walaupun berat tapi tidak terasa beratnya karena disisipi adegan humor disaat yang tepat (masa cerita keluarga bangkrut ngak berat?) serta artnya yang bagus dan menawan di bagian karakternya. Bagian latar juga tidak kalah bagusnya karena kita sebagai pembaca tidak akan bingung di mana suatu adegan itu sedang berlangsung.

     Kekurangan dari manga ini adalah adanya karakter yang memiliki sedikit jatah muncul sehingga ada beberapa karakter yang kurang digali lebih dalam karakternya. Ada beberapa adegan yang sebaiknya dilihlat oleh orang yang lebih dewasa sehingga sebagai pembeli harus lebih bijak dalam membeli buku bacaan. Belilah yang sesuai dengan umur kalian ya.



Comments