GE Good Ending Manga Review



Sebelum membaca artikel, mohon bantuannya untuk klik di sini, arigatou...
  • General Information
Genre      : Comedy, Drama Romance School life, Shounen, Slice of life

Author    : Sasuga Kei

Artist       : Sasuga Kei

Vintage   : 2009

Status      : End (2013)
  • Story
     Utsumi is your everyday student. He is also a boy that has always had a strong sense of what is right in the world. With nothing but innocence and a mind that longs for his "significant other," Utsumi takes on one of the toughest subjects: love. With the help of the devious and mysterious Kurogawa Yuki, will Utsumi learn how to be fortunate in the game of love? Only through the ups and downs of real life, and the assistance of his friends, will Utsumi be able to take a bite out of life and learn just what love is.

     Maaf karena sypnopsis ceritanya dalam bahasa inggris, karena saya sedang malas translatenya. Bisa kalian gunakan goggle translate dan mencoba ditranslate sendiri jika ada kalimat indonesia yang aneh muncul di translatornya. MC yang saya sebut di bawah untuk menyingkat Main Character (tokoh utama), bukan Master of Ceremony ya.
  • Opinion
    Setelah tamat di tahun 2013 yang lalu, saya baru membaca manga ini di tahun 2015 (lewat 2 tahun). Saya mulai mengenal seri ini karena Sasuga Kei selaku pengarang dari manga ini juga menggambar manga lain yang masih ongoing yaitu Domestic na Kanojo (tidak kalah fellsnya dari manga ini). Ending yang sangat bagus ini membuat saya sangat puas walaupun sampai begadang bacanya padahal saat esok paginya ada kuliah (saya menulis ini jam 3 pagi).

     Saya mulai baca lagi setelah tidur sebentar kira-kira 3 jam dan maraton baca dari jam setengah satu. Apalagi ditambah godaan mati lampu selama 2 jam sehingga saya bacanya gelap-gelapan (niat banget nih). Walaupun kalian tidak mengalami kejadian di atas tentunya kalian masih bisa menikmati manga ini secara normal, bagi yang membacanya maraton seperti saya yang baru tahu ada manga sebagus ini.

     Sayang kalau kita angkat secara simple manga ini hanya berisi bagian pedekate cewek A dibantu cewek B, Ditolak oleh cewek A dan akhirnya jadian dengan cewek B. Putus dengan cewek B kembali ke cewek A. Namun di akhirnya ia kembali kepada cewek B (bagi kalian yang sudah membaca manganya pasti sudah tahu siapa yang saya maksud). Tapi jangan pesimis dulu karena bukan berarti kalau kalian melihat alur yang di antas maka ceritanya akan menjadi membosankan dan mudah ditebak.

     Entah kenapa manga ini seperti punya magnet tersendiri sehingga para pembaca tidak akan bosan membacanya dan akan selalu menantikan kelanjutannya setiap minggunya (bagi saya yang ketinggalan baca sih langsung maraton saja). Saya sangat salut kepada Sasuga Kei-sensei karena selain fokus kepada tokoh utama kita juga dapat melihat bahwa teman Utsumi selalu membantu ketika ia sedang dilimpa masalah.

     Selain itu juga kisah cinta yang terjadi juga tidak hanya Sang Utsumi yang ditampilkan, namun hampir semua karakter di dalamnya diceritakan memiliki akhir yang bahagia (tidak ada yang mendapatkan bad ending, persis seperti judul manga ini). Berhati-hati saat membaca manga ini karena saat saya membacanya dan menggantung lalu masuk kuliah. Pikiran saya hanya fokus untuk menebak-nebak kelanjutan kisah dari manga ini (dan prediksi tersebut ada yang tepat dan tidak).

     Disarankan membaca manga ini untuk pembaca 18 tahun ke atas karena ada beberapa adegan yang tidak pantas untuk dilihat oleh masayarakat di bawah umur. Tapi tidak ada sensor yang digunakan saat adengan tersebut muncul karena telah ditutupi oleh para karakter dengan kesan yang natural (kalau kita melihat manga dan anime baru-baru ini sensornya kenceng banget).

     Bagi kalian yang mencari cerita cinta yang indah, kalian tidak akan menyesal membaca manga ini. Tidak hanya dari sisi cerita yang top abis, artwork karakter dan background yang terdapat di manga ini juga tidak kalah bagusnya. Apalagi inking bayangan karakter dan background yang gelap benar-benar terkesan realistis (saya suka yang begini).

     Manga yang background simple dan yang detail seperti manga ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya dengan cerita yang agak berat ini pastinya akan lebih cocok jika menggunakan background yang tajam, bisa dipelototoin sampai berkali-kali sehingga kita bisa membayangkan seolah-olah sedang berada di tempat tersebut.

     Dan hal menarik lainnya bagi saya dari manga ini adalah perkembangan dari karakter Utsumi dan tokoh yang lainnya sangat terasa natural sekali di sini. Karena kita bisa melihat dari kejadi-kejadian percintaan yang terjadi, baik suka maupun duka semua hal itu dapat membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik dan menyongsong masa depan dengan lebih positif (saya banyak mendapatkan pelajaran hidup dari manga ini).

     Sekian review kali ini, semoga saya ada semangat untuk membuat review manga lainnya. Bagi kalian yang memiliki pertanyaan manga mana yang bagus bisa email saya yang terdapat di blog ini atau di menu komentar. Jangan lupa share artikel ini ya. Rugi bagi kalian yang suka manga bergenre romance tidak membaca manga ini.

Mata ne...
  • Rating A

Comments

  1. Ahaa sangat kecewa gw ma ni mannga .masa natsuo ga sama hina .sbagian reder berharap natsuo ma hina.gw selalu nunggu hina balikan lagi kaya dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah kamar gan, itu mah yang Domestic na Kanojo. Ini karya Sasuga Kei yang sebelumnya, ya memang mirip sih yang gambar orangnya sama

      Delete
    2. Hina bakal balik ama natsuo kan?

      Delete
  2. Jadi endingx natsuo bakal sma hina kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tahu juga ya karena kan serinya masih ongoing. Nanti liat saja penulis masangkan Natsuo dengan siapa

      Delete
  3. Hina bakal balikan ama natsuo kan???

    ReplyDelete
  4. yg komen Domestikxkanojo,,,,hina bakalan sama natsuo tenang aja, abis nikah punya anak dan hina mati trus nikah sama rui :D :p

    ReplyDelete

Post a Comment