The Last Human Manhwa Review


Sebelum membaca aritikel ini, mohon klik di sini, Arigatou...

     Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sebuah komik Cina yang sedang saya baca sekarang, yaitu The Last Human. Komik ini menceritakan tentang Zuo Tian Cheng yang merupakan orang terakhir di bumi dan bertempur melawan para zombie yang telah menguasai dunia ini. Ketika ia sudah mati, tiba-tiba ia terbangung dan kembali ke masa lalu sebelum meteor jatuh dari langit yang menyebabkan seluruh makhluk di bumi menjadi mayat hidup. Apa yang sebenarnya yang terjadi? apakah masa depan yang ia ketahui akan kembali datang dihadapannya?

     Komikn ini memiliki format full Color dibaca dari kiri ke kanan sehingga cukup berbeda dari komik jepang biasanya yang menggunakan format hitam putih dan membaca dari kanan ke kiri. Karena tokoh utamanya memiliki ingatan tentang masa depan, tentunya dia memanfaatkan keunggulanya itu untuk mempercepat dirinya menjadi kuat dan menyelamatkan teman-temannya yang dulu tidak sempat ia tolong.

     Walaupun terkesan klise, tokoh utama dalam komik ini memiliki temperamen yang tegas dan kejam terhadap lawannya namun selalu menghargai rekan-rekan dan kerabat yang memiliki niat baik terhadapnya (membalas kelakuan orang sesuai dengan perilaku orang tersebut). Baik di balas baik dan juga sebaliknya. Setelah membaca kurang lebih 100+ chapter dari manga ini, saya lebih suka di awal-awal karena ia masih mengembangkan potensi dirinya. Ketika sudah tengah jalan ia terlalu kuat dan artwork dari komiknya entah kenapa malah menurun di chapter-chapter terbaru (chapter lama lebih bagus dari segi gambar dan cerita).

     Cerita chapter terbaru bisa dibilang lebih monoton karena itu-itu saja konflik yang terjadi. Mungkin harus ada perubahan ide atau konflik yang berbeda untuk membawa angin segar dari komik ini, atau bisa ditambah cerita Cheng dkk bertemu dengan mantan polisi atau tentara dan mengajari organisasi penolong masyarakat tersebut ilmu bela diri (cultivation).

     Sekian review dari saya. Akhir kata kalau kalian suka cerita bertema zombie dan bela diri, kalian jangan sampai melewatkan komik ini. Kalau kalian sering bosan dengan cerita yang monoton ya mungkin komik ini pilihan yang kurang tepat untuk anda (walaupun sebenarnya ceritanya cukup menarik di awal).

Ja.. Mata ne....

Comments