Boku no Hero Academia Manga Review

My Hero Academia Jilid 1
Welcome to HAS333 Kabar Manga. Kali ini saya akan review salah satu manga yang sedang tayang animenya musim ini. Manga itu adalah Boku no Hero Academia. Sebelum melanjutkan membaca mohon bantuannya untuk klik adsense dan share artikel ini di media sosial kalian. Terima kasih.



   Boku no Hero menceritakan kisah pelajar bernama Izuku Midoriya yang quirkless namun memiliki mimpi untuk menjadi seorang Hero. Quirk sendiri merupakan sebuah kemampuan khusus yang tiba-tiba muncul dan dimiliki oleh 80 persen warga di dunia. Izuku yang tidak memiliki quirk merasa sangat terpukul dan sedih namun keinginannya untuk menjadi seorang Hero tidak hilang sampai ia akan lulus SMP. Pertemuannya dengan Hero terkuat All Might merubah kehidupan Izuku.

   Komik ini merupakan komik shounen sehingga biasanya ditujukan untuk pembaca remaja pria, namun tidak ada larangan bagi perempuan untuk membaca komik ini. Cerita yang disajikan di manga ini seperti biasa dimulai dengan tokoh utama yang awalnya lemah kemudian bertambah kuat seiring berjalannya cerita. Selain tokoh utama, tokoh lainnya juga ikut berkembang walaupun tidak terlalu di bahas secara rinci.

   Cerita yang unik dari manga ini membuat saya tertarik dengan serial satu ini. Terutama perkembangan karakter dan kehidupan dari setiap karakter yang ada di seri ini diceritakan dengan baik. Tidak hanya dari sisi Hero saja, tokoh antagonis dari seri ini juga diberikan backstory yang menarik bahkan baru saja mendapatkan arc mereka sendiri di manganya. Kisah yang dibawakan dari dua sisi ini cukup menarik untuk saya.

***pembahasan di bawah merupakan prediksi saya dan belum tentu tepat ***

   Masih banyak misteri yang belum terkuak dari kisah ini, karena manganya juga belum tamat dan dilihat dari chapter terakhir yang saya baca (kalau tidak salah sudah mau memasuki bulan Desember di komiknya), kemungkinan 4 bulan kemudian akan ada langkah besar yang dilakukan Shigaraki Tomura setelah mewarisi All for One. Prediksi saya semua pro Hero akan kalah kemudian Hero yang tersisa akan tertindas oleh para Villain selama beberapa bulan atau 1 tahun.

   Kemudian ketika Izuku dkk sudah mencapai kelas 3 barulah serangan balik dimulai dan League of Villain (sekarang berubah menjadi Paranormal Liberation Front) akan kalah pada saat ini dan cerita akan selesai di sini atau mungkin akan berlanjut. Kemungkinan lainnya ketika Izuku dkk kelas 2 mereka akan langsung mulai bertarung dengan Tomura saat itu juga. Namun saya rasa akan tidak seimbang karena Izuku masih harus mewarisi kemampuan lain dari pemilik One for All sebelumnya dan saya rasa 4 bulan bukan waktu yang cukup untuk menguasai semuanya, atau ada plot twist pada bagian ini.

   Topik lainnya yang masih belum terlihat adalah mata-mata di U.A Hero Academy yang memiliki kolaborasi dengan All for One membocorkan informasi pihak dalam kepada mereka. Saat ini saya masih belum memiliki calon siapa mata-mata tersebut, bisa jadi murid ataupun siswa yang mengkhianati mereka. Namun untuk tersangka saya bisa mencoret tokoh sentral kelas A seperti Izuku, Bakugou, Todoroki, Uraraka, dan Ida. Perlu diingat ini hanya dugaan saya, bisa saja salah.

*** Akhir dari prediksi cerita ***


   Fans Boku no Hero saya rasa sudah banyak dan antusias. Untuk membuktikan seberapa besar kecintaan kalian untuk seri ini jangan lupa untuk membeli komiknya karena seri ini sudah terbit di Indonesia dan sudah tersedia di Gramedia. Saya sendiri sedang mencoba koleksi serinya karena di Indonesia belum banyak terbitnya dan masih lengkap dari jilid 1-12. Sayangnya harga komiknya sendiri cukup mahal yaitu RP 40.000 (One Piece harganya 25.000). Namun saya rasa harga tersebut cukup masuk akal karena ukuran komik ini lebih besar dan kertasnya lebih bagus dari komik biasa. Apakah kalian tertarik untuk membeli komik dari Boku no Hero?

   Boku no Hero merupakan sebuah manga yang dibuat oleh Kōhei Horikoshi dan diterbitkan pada Juli 2014 dengan penerbit Weekly Shounen Jump. Di Jepang, komik ini sudah mencapai jilid 24 terbit pada Agustus 2019. Versi Inggris dari komik ini telah di lisensi oleh Viz Media yang bisa kalian dapatkan di toko buku periplus atau kinokuniya. Versi Indonesia dari komik ini telah terbit di bawah bendera m&c dan telah terbit sebanyak 12 Volume.

   Selain dibuat dalam bentuk komik, seri ini juga sudah diadaptasi ke media lain seperti anime dan game. Anime dari seri ini pertema mengudara April 2016 dengan jumlah episode sebanyak 13. Season ke 2 dari animenya tayang April 2017 dengan jumlah episode 25. Musim ke 3 dari seri ini tayang sebanyak 25 episode pada April 2018 yang lalu. Musim ke 4 dan musim terbaru dari anime ini sedang tayang mulai musim gugur 2019 yang lalu (Oktober 2019).

Nintendo 3DS Game
   Boku no Hero juga telah dibuatkan movie anime dengan judul "My Hero Academia: Two Heroes" yang telah tayang di jepang pada 5 Juli 2018. Film ini juga pernah tayang di Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2018. Movie ke 2 dari serial ini dengan judul "My Hero Academia: Heroes Rising " akan tayang 20 Desember 2019 di Jepang. Semua cerita yang ada di movie merupakan cerita baru yang belum pernah ada di Manga dan animenya, dengan beberapa karakter original movie tentunya.

Movie Poster
   Game dari seri ini pernah dibuat dengan judul " My Hero Academia: Battle for All" yang telah rilis  untuk Nintendo 3DS pada tanggal 19 Mei 2016. Game berikutnya dengan judul "My Hero: One's Justice" rilis untuk PS4, Nintendo Switch, Xbox One, dan PC pada 26 Oktober 2018. Game ke 3 yang diadaptasi dari manga ini memiliki judu "My Hero: One's Justice 2" yang akan rilis untuk PS4, Nintendo Switch, Xbox One, dan PC tanggal 12 Maret 2020 di Jepang.

PC Game Screenshot
Sekian review kali ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Mohon bantuannya untuk klik adsense dan share artikel ini di media sosial kalian. Arigatou

Mata ne...

Comments