M&C! Melakukan Lisensi terhadap komik Honey Days, Marry Grave, dan Beberapa judul lain!!!


Welcome back to HAS333 Kabar Manga. Tempat mendapatkan kabar manga terbaru. Berita kali ini datang lagi dari penerbit m&c.

     Setelah post kemarin m&c menerbitkan komik "After the Rain". Kali ini muncul lagi berita bahwa m&c akan melakukan lisensi terhadap beberapa komik jepang (bisa lihat di sumber). Saya lihat dari deskripsi sepertinya kebanyakan lisensi dilakukan terhadap komik shoujo, hal ini membuat saya tidak tahu sama sekali komik yang akan diterbitkan di Indonesia tanggal 31 Juli ini. Bagi kalian para pecinta shoujo manga silahkan bersiap-siap mengeluarkan tabungan anda untuk membeli komik tersebut.

     Lisensi merupakan sebuah proses dimana sebuah karya diberikan landasan hukum sehingga tidak boleh disebarluaskan tanpa seizin dari pemilik lisensi. Karya yang dikenakan lisensi tidak boleh disebar gratis di internet, dan di posting di akun pribadi tanpa seizin dari pemilik lisensi. Setiap komik maupun buku lainnya sebelum diterbitkan harus memiliki lisensi atau izin untuk menyebarluasknanya dari pihak yang memiliki karya asli maupun dari pengarang buku itu sendiri.

     Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah beredarnya barang tersebut secara ilegal, jika ketahuan maka orang yang melakukanya bisa ditindak secara hukum. Kalian yang sering membeli buku komik ataupun buku lain pasti pernah melihat tulisan undang-undang hak cipta yang biasanya dicetak di depan buku. Pihak yang melanggar undang-undang tersebut bisa dikenai pidana denda maupun penjara berdasarkan seberapa berat pelanggaran yang dilakukan.

     Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita membaca karya orang lain dengan cara membeli karya tersebut secara legal sehingga membantu para penulis buku untuk mendapatkan penghasilan dari karya yang dibuat. Kalau tidak mampu ya nabung dulu sampai bisa beli. Karena menurut saya untuk harga komik ukuran normal saat ini masih Rp 25.000, masih lebih murah dibandingkan beli novel yang harga kisaran di atas 100.000 rupiah. Kalaupnu tidak bisa beli ya bisa alternatif pinjam komik punya teman (kalau itu pasti boleh dan gratis).

Sekian HAS333 Kabar Manga kali ini. Jangan lupa share dan komen artikel ini. Arigatou...


Mata ne...


Sumber:

Comments